Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

reportase manajemen pemasaran jasa pendidikan "quality"


Pada perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan tanggal 25 mei 2011 kemarin bpk. Amril Muhammad, SE menjelaskan tentang kualitas/quality. Kualitas/ quality merupakan daya tahan yang dimiliki suatu barang. Barang dikatakan berkualitas jika:
1. Satu-satunya atau jumlah produknya sedikit/absolut, dimana jika suatu barang atau produk dikatakan berkualitas, salah satu sifatnya yaitu hanya sedikit/terbatas penyediaanya.
2. Mengacu pada standar yang relatif atau berubah-ubah tergantung situasi.
3. Costumer satisfacation yaitu tergantung costumer. Dalam customer satisfaction terdapat customer behavior yaitu marketing intelegent yaitu orang yang menyelidiki apa yang sedang berkembang saat ini.
Kemudian dijelaskan pula kualitas yang diibaratkan seperti ikan. dimana kepala ikan sebagai kualitas dan rusuk-rusuk tulang ikan sebagai alasan apa yang membuat suatu produk itu berkualitas. Misalnya rusuk-rusuk tulang ikan di sisi kiri itu ada: daya tahan, harga, sumber daya manusia (SDM), sarana, merk dan kurikulum sedangkan di sisi kanan itu ada: kemasan, lokasi, promosi, harga dan fitur (keistimewaan tambahan).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar