Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

reportase 3 manajemen diklat "kurikulum"

Jakarta senin 10 oktober 2011 berlangsung mata kuliah manajemen diklat di ruang 306 gedung fip universitas negeri Jakarta lantai 3 yang dibimbing oleh Bapak Amril Muhammad, SE., M.Pd. selaku dosen mata kuliah tersebut. Perkuliahan yang seharusnya dimulai pada pukul 08.00 pagi menjadi dimulai pukul 08.30 dikarenakan dosen yang terlambat datang.
Pada pertemuan kali ini beliau menjelaskan mengenai materi kurikulum. Pertama beliau menjelaskan tentang pengertian kurikulum yaitu pedoman pembelajaran atau seperangkat alat pembelajaran. Adapun langkah-langkah dalam menyusun kurikulum yaitu dengan menentukan kompetensinya terlebih dahulu yaitu kemampuan berfikir, bersikap, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki peserta diklat. Yang diperlukan dalam menyusun kurikulum adalah sikap profesional dengan kriteria diantaranya berorientasi terhadap pelayanan, memiliki etika atau kode etik, memiliki pengetahuan yang cukup, ada upaya diri untuk melakukan pengembangan secara terus menerus, mengikuti pendidikan secara tertib dan baik. Sedangkan kompetensi sendiri itu dapat dibagi menjadi kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Seperti misalnya guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Sedangkan pemimpin harus memiliki kompetensi manajerial, kompetensi human dan kompetensi teknikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi utama itu ialah kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang yang menduduki suatu jabatan. Kompetensi pendukung ialah kompetensi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan perwujudan kompetensi utama. Sedangkan kompetensi lainnya ialah kompetensi yang secara tidak langsung mendukung optimalisasi kompetensi utama. Setelah dosen menjelaskan tentang materi tersebut maka mahasiswa ditugaskan membuat uraian tugas, uraian kompetensi serta uraian kurikulum dan mata diklat yang mendukung kompetensi tersebut.
Setelah perkuliahan berlangsung selama kurang lebih 150 menit tersebut selesai maka tugas yang diberikan tersebut harus dikumpulkan kepada dosen. Dan beliau memberikan pilihan untuk mengumpulkan hari itu langsung atau hari berikutnya. Karena sebagian besar mahasiswa belum dapat menyelesaikan tugas tersebut maka tugas akhirnya dikumpulkan pada hari berikutnya. Demikian perkuliahan kali ini berjalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar