Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan "resume kedua"


Jasa merupakan suatu aktifitas serangkaian kegiatan dimana terjadi interaksi dengan manusia maupun mesin dan yang disediakan untuk memuaskan pelanggannya. Contoh : saat membayar Tol ada yang menggunakan e-Tol card ada juga yang membayar tunai, saat mengambil uang di Bank ada yang melakukan transaksi menggunakan ATM ada juga yang melalui teller. Semua itu dilakukan untuk memuaskan pelanggan dengan menyediakan berbagai pelayanan. Karena tidak semua orang senang dengan pelayanan yang praktis. Mungkin orang yang tidak sering lewat tol akan lebih memilih membayar secara tunai. Oleh sebab itu jasa penyedia layanan tersebut  tetap menyediakan pelayanan manual/tunai. Semua itu tergantung kebutuhan dan kepuasan si pelanggan. Karena kepuasan setiap orang itu berbeda-beda.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran jasa diantaranya yaitu:
·         Kemasan, karena kemasan menunjukkan identitas barang yang akan dijual.
·         Produsen juga harus pandai memilih segmen.
·         Dan karena jasa sifatnya intangible/abstrak maka harus dilengkapi atau didukung dengan fitur-fitur tambahan.
·         Pemasaran dari segi orang. Tidak jarang orang tertarik masuk ke sebuah universitas karena melihat seorang tokoh hebat yang lahir dari universitas tersebut. Contohnya seperti paramadina yang menjadi maju karena adanya tokoh seperti  nurcholis majid.
·         Atau dengan menggunakan brand ambassador seperti produk sabun lux yang memilih artis cantik sebagai ikonnya sehingga membuat orang tertarik membeli produk tersebut karena berharap memiliki kecantikan yang sama seperti si artis tersebut. Namun memilih  atau mencari brand ambassador bukanlah hal yang mudah. Biasanya produsen memilih brand ambassador dengan melihat prestasi, kesamaan nama produk yang dijual, atau dengan melihat kualitas. Pertimbangan tersebut dilakukan karena tidak mudah membentuk imege yang baik pada masyarakat. sehingga produsen harus berhati-hati dengan nama yang sudah melekat. Contohnya kerjasama danon dengan aqua yang menginformasikan bahwa produk tersebut merupakan produk internasional. Untuk membentuk image yang baik produsen menggunakan sosial marketing yaitu dengan menginformasikan bahwa dengan membeli 1 liter aqua maka sama dengan menyumbang 10 liter air bersih di daerah-daerah yang sulit air.
·         Penempatan juga hal yang tidak bisa diabaikan. Misalnya dalam penempatan sebuah masjid  di area sekolah, bila masjid tersebut dibuka untuk umum maka sebaiknya ditempatkan di dekat jalan sehingga mudah di akses oleh masyarakat umum dan keamanan sekolahpun terjamin.
Semua hal tersebut intinya untuk membangun kepuasan konsumen. Namun berbeda dengan pendidikan yang dijuluki sebagai industri mulia. Dalam pendidikan tidak bisa menerapkan kepuasan pelanggannya. Karena dalam jasa pendidikan kualitas sangat dipengaruhi interaksi produsen dengan konsumen. Yang membedakan adalah Jasa tidak bisa disimpan, jasa harus dibeli terlebih dahulu baru diproduksi seperti kuliah yang harus bayar dulu di awal semester baru bisa mengikuti perkuliahan. Karena pendidikan itu dibuat untuk supaya orang dapat mencapai kehidupan yang lebih baik maka tingkat kepuasannya berbeda.
Untuk membuat bisnis jasa bisa berkembang:
1.       Memperbarui jasa yang ditawarkan.
dulu bank hanya menyediakan jasa untuk menabung saja, namun kini ada tabungan untuk pergi haji, umroh, deposito, reksadana, saham, dan lain-lain untuk melakukan pembaharuan layanan jasa.
2.       Lokalisasi tempat-tempat pelayanan.
Contoh: ATM ada dimana-mana, alfamart dan indomart yang tersedia di jalur-jalur padat, adanya delivery order, rumah makan yang menyediakan cabang dimana-mana.
3.       Perlu ada kesepakatan diawal (kontrak)
Contoh: sialbus yang menandai apa yang akan didapat setelah mengikuti perkuliahan.
4.       Bagaimana memanfaatkan kekuatan informasi baik yang bayar maupun yang free.
seperti: facebook atau twitter
5.       Nilai-nilai strategis yang bisa meyakinkan orang menyatakan “ya”.
Penjelasannya:
1.       Supaya dapat memperbarui produk harus dilakukan survey apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan data mana yang paling tinggi yang diharapkan konsumen kemudian dari hasil survey harus diklarifikasi karena data yang didapat belum tentu valid/benar maka ada yang namanya customer care/customer service.
2.       ATM di rest area tidak dipungut biaya kerana keuntungan tidak dapat diambil secara langsung.
KFC dulu hanya bisa dinikmati anak-anak namun sekarang segala usia bisa ikut menikmati karena varian menunya yang semakin banyak sehingga si produsen menjadi tidak rugi tempat karena terlalu banyak yang menunggu namun hanya anak” yang mengkonsumsinya.
Carrefour yang saat ini menyediakan makan ditempat sehingga pengantar juga bisa menunggu sambil menikmati makanan yang ada. Carrefour juga mempromosikan jasanya menggunakan brosur Carrefour yang bentuknya seperti Koran.
3.       Sama seperti member card.
Kartu matahari misalnya dengan memiliki kartu tersebut yang menyediakan berbagai diskonan sehingga orang menjadii tertarik membeli sesuatu dan terjebak untuk belanja karena ingin memanfaatkan diskon yang ada.
4.       Harus tahu siapa segmen kita.
Toshiba misalnya yang sudah terkenal sebagai produk mahal hanya orang yang kemampuannya diatas yang mampu membeli karena produknya terkenal bagus. Namun belum tentu harga mahal menjamin produk tersebut bagus, karena belum tentu dengan menaikkan harga orang jadii tertarik membeli produk yang belum terjamin kualitasnya.  Hal itu dipengaruhi beberapa hal, yaitu: karena citra orang berbeda, seberapa besar kekuatan bisnis tersebut, dan kemungkinan orang berpindah ke lain hati.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar