Pada perkuliahan manajemen pemasaran jasa pertemuan keempat ini dijelaskan tentang segmentasi pasar. Pasar itu pada prinsipnya tidak harus selalu bertemunya penjual dengan pembeli. Dosen kami menjelaskan bahwa ada yang dinamakan Mass marketing yang merupakan penjualan dalam partai besar dimana banyak terdapat penjual maupun pembeli. Contohnya seperti PRJ. Pada mass marketing ini Produksinyapun sangat banyak namun harganya tidak terlalu mahal. Contohnya seperti cocacola. Berbeda dengan eksklusif marketing yang hanya sedikit memproduksi barangnya.
Selanjutnya ada yang dinamakan Marketing pemasaran produk yang bervariasi dimana dalam menjual produk memberikan feature/tampilan tambahan dari suatu produk. Seperti gaya tampilan kerah baju yang bermacam-macam; ukuran baju ada yang xl, m, l, s; kualitas barang ada kw1,kw2.
Apakah yang dimaksud Target marketing/ segmen pasar?
Segmentasi pasar/pengelompokan pasar yaitu membagi atau memecah-mecah pasar dalam kelompok-kelompok yang kemudian dibuat perbedaan dari kebutuhan, karakteristik, dan prilaku.
Dalam segmentasi pasar kita harus mampu mengidentifikasi pasar dalam segmentasi: geografis, demografis, sikografis, behavior. Serta mengembangkan profil dari segmen. Misalnya dalam membuat tempat penitipan anak harus dipisah targetnya untuk orang kaya atau biasa, jika orang kaya maka harus ditambah dengan pelajaran bahasa inggris, sedangkan yang biasa bisa memilih tempat yang hanya memakai teras rumah saja dan dibuat seperti PAUD.
Selanjutnya Segmentasi geografis membagi pasar menjadi Nation atau mancanegara (segmennya untuk lokal atau luar negeri); State (Negara) berkaitan dengan aturan-aturan. Misalnya kursus tari striptis diindonesia dilarang karena tergantung dari aturan Negara yang bersangkutan. Regional (wilayah) kita harus tahu wilayanh mana yang mau kita kirim. Misalnya : menjual pakaian muslim ke wilayah-wilayah yang mayoritas penduduknya beragama islam. Cities: berbeda penjualan di kota dengan di desa, biasanya menjual barang dikota lebih mudah ketimbang didesa. Kota pun harus dibedakan kota kecil dan kota besar.
Sedangkan Segmentasi Demografis dibagi menjadi Usia misalnya penitipan anak dibawah 3 tahun biasanya diberi nama penitipan anak sedangkan anak diatas 3 tahun diplaygroup/TK.Disini kita harus bisa mengklasifikasikan kelompok usia. Berikutnya Gender yaitu mengklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin male atau female. Karena baju laki-laki dengan perempuan itu berbeda begitupun dengan salon antara perempuan dengan laki-laki berbeda pula. Lalu Ukuran keluarga seperti Inova biasanya ditujukan untuk keluarga dalam jumlah besar sedangkan jazz biasanya diperuntukkan untuk anak muda atau remaja. Target positioning; Misalnya untuk anak muda atau sudah menikah atau dewasa. Yang baru menikah disediakan paket honeymoon. Tua atau muda, Anak dibawah 8 tahun, Pendapatan; gaji dibawah 5 juta biasanya tidak diperbolehkan membuat kartu kredit. Occupation; nonton ada kelas vip, kelas 1, kelas, 2 dan sebagainya. Cells; buat café music-musik yang disajikan harus sesuai dengan segmen pasar yang ingin kita buat. Pendidikan; mau buka smp ada atau tidak siswanya?, mau buka restaurant untuk muslim atau umum karena itu terkait dengan makanan halal dan tidak halal. Ras; kulit putih, dipapua tidak bisa menjual produk barang orang berkulit putih karena tidak sesuai.
Terakhir yaitu Segmentasi sikografi. Mengelompokkan berdasarkan Pra social. Contohnya orang kaya kalau belanja di PIM, pelangi, PS sedangkan yang biasa-biasa belanja di matahari. Life style; ada yang santai bergaya baju casual. Personality/kepribadian, Ambisius biasanya cenderung berpakaian dengan tampilan rapih berdasi sedangkan yang otoriter yang cenderung suka mengatur biasanya memakai pakaian seperti ratu. Behavior; misalnya dalam membuka usaha itu setiap bulannya harus menyediakan paket-paket tertentu yang setiap bulan berbeda sehingga orang menjadi tertarik. Benefit/manfaat; dari segi kualitas, layanan, atau sering dan tidaknya digunakan. Loyalitas; misalnya uns membuka program pendidikan untuk s3 maka mahasiswa uns s2 melanjutkan s3nya di uns juga. Kesiapan konsumen. Sikap terhadap produk; antusias atau semangat. Tipe orang; positif atau negative dilihat dari penampilannya. Hot skill. Pembeli dengan program musiman. Relationship buyer (langganan). Diskon, Transaksi buyer; pembeli keliling dulu untuk membeli barang yang diinginkan kemudian mempertimbangkan harganya baru kemudian membeli.
0 komentar:
Posting Komentar